fbpx

Pentingnya data customer untuk seorang entrepreneur

Sebagai seorang entrepreneur pasti kita sepakat bahwa data customer amatlah penting. Apalagi jika bisnis yang kamu bangun bergerak di bidang online. Itu sudah sangat penting.

Mungkin perusahaan software, ecomerce, fintech, ride hilling dan lain sebagainya yang bergerak di bidang teknologi dan sangat mementingkan sumber daya manusia sangat memanfaatkan data customer untuk pengambilan setiap keputusan di perusahaanya.

Kata seorang entrepreneur atau pengusaha kelas kakap bahwa suksesnya sebuah bisnis yaitu dengan mengandalkan data.

Lebih efisien suatu bisnis jika kamu mengandalkan data dalam mengambil keputusan dari pada kamu menebak – nebak sesuatu yang belum jelas.

Selain karena akan membuang waktu, Juga hasilnya tidak akan maksimal. Untuk saat ini semakin banyak pengusaha menyadari pentingnya data.

Maka dengan dasar itu jika kamu ingin membangun bisnis yang sukses, mulailah membangun data customer kamu.

Database customer yang akurat dan lengkap merupakan senjata yang ampuh bagi seorang pengusaha. Karena database pelanggan akan memiliki manfaat untuk bisnis kamu.

Berikut ulasanya mengapa database menjadi penting untuk seorang pengusaha membangun bisnisnya

Sebagai petunjuk penjualan

Database pelanggan dapat gunakan sebagai petunjuk arah penjualan produk dari bisnis kamu agar bisa memasuki pasar yang tepat dan cepat.

Aktifitas penjualan akan berjalan cepat dan efisien jika tenaga penjual kamu sudah di lengkapi dengan data yang valid dan memiliki prospek.

Baca juga : Mau malam mingguan? perhatikan tips berikut agar penampilanmu baik sopan dan trendy

Sebagai gambaran potensi pasar

Dengan data customer yang kamu miliki, Maka kamu akan semakin mudah dalam menentukan target pasar untuk produk bisnis kamu.

Dengan demikian kamu dapat menganalisa produk yang tepat untuk bisnis yang tepat pula. Jika potensi penjualan yang di tuju masih rendah.

Maka kamu dapat menerapkan strategi pemasaran untuk mendongkrak penjualan.

Merekam customer blacklist

Janganlah pernah membuang fokus kamu untuk menjual produk produk kepada orang yang salah. Semuanya membutuhkan analisa.

Dengan database yang kamu miliki, Kamu dapat mengetahui pelanggan mana saja yang bermasalah dalam bertransaksi jual beli.

Seorang pelanggan di masukan dalam kategori blacklist karena alasan tertentu.

Seperti fake customer atau pelanggan yang bermasalah dalam hal pembayaran.

Baca juga : Rekomendasi powerbank delcell 2019

Menganalisa penjualan

Dengan data kamu bisa menganalisa hasil dari penjualan produk dari bisnis kamu.

Misalkan : Seberapa banyak produk yang di jual per hari, Seberapa banyak produk yang di jual per bulan bahkan pertahun, daerah mana saja yang paling banyak membeli dan lain sebagainya.

Selain itu kamu juga dapat mengetahui penyebab jika terjadi penurunan penjualan.

Sehingga dapat memudahkan kamu dalam menyusun strategi marketing kamu berikutnya.

Saran untuk berkomunikasi dengan pelanggan

Dalam bisnis membangun komunikasi dengan pelanggan amatlah penting. Komunikasi yang baik dengan pelanggan akan membuat pelanggan akan semakin loyal kepada bisnis yang kita miliki. Saya sangat yakin kamu pasti sangat ingin mempunyai pelanggan seperti itu bukan? Jawaban kamu pasti iya karena saya juga seperti itu.

Dan jika kamu sudah mempunyai database pelanggan akan sangat memudahkan kamu untuk berkomunikasi secara personal dengan pelanggan kamu.

Inilah yang menjadi kunci jika kamu mau membuat pelanggan kamu semakin loyal dengan bisnis kamu.

Mengelola database untuk kepentingan tersebut sebaiknya tidak di lakukan sendiri melainkan menyewa orang untuk melakukanya. Itu akan memudahkan kamu dalam membuat produk baru maupun event.

Saya yakin kamu mau pelanggan kamu seperti itu. Iya atau iya

Jika jawaban kamu iya, Mulailah membangun database customer kamu sekarang untuk bisnismu. So? Apa saran kamu tuliskan di kolom komentar ya. Mari belajar bersama untuk bisnis yang lebih baik dengan klik disini

Baca juga kategori artikel lainya